Ceritaku.my.id

Pusat Segala Cerita

6 Cara Mengecilkan Pori-pori Dengan Bahan Alami

10 Cara Mudah Mengecilkan Tampilan Pori-pori Wajah, Pasti Berhasil!

Bagi para wanita menggunakan make up menjadi salah satu cara mengecilkan pori-pori wajah serta menjaga supaya pori-pori tetap sehat, seperti foundation, face mist, dan lain sebagainya. Pori-pori yang besar akan membuat wajah rentan terhadap paparan zat berbahaya maupun polusi. Selain itu, bisa membuat make up di wajah terlihat tidak merata. Tetapi, produk-produk tersebut ternyata belum bisa menjadi solusi untuk dijadikan sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah, jadi kamu perlu memastikan apakah pori-pori sudah bersih atau belum. Untuk mengecilkan pori-pori wajah, kamu bisa memakai beberapa bahan alami yang bisa membersihkan kotoran, bakteri, dan sisa kotoran, serta bisa menyeimbangan pH wajah. Berbagai cara pun dilakukan untuk mengecilkan pori-pori di kulit wajah. Termasuk perawatan di salon. Namun, cara mengecilkan pori-pori di wajah ternyata bisa dilakukan di rumah dengan bahan-bahan alami.

                1. Es Batu

Salah satu cara untuk mengecilkan pori-pori wajah secara alami adalah dengan menggunakan es batu. Es batu bisa dipakai sebagai cara cepat mengecilkan pori-pori. Caranya pun gampang, ambil es batu dari kulkas, bungkus menggunakan sapu tangan atau handuk wajah, lalu oleskan pada wajah kamu. Hal ini dilakukan selama 15 menit agar pori-pori wajah menjadi kecil.

                2. Cuka Apel

Cuka apel memiliki kandungan zat anti bakteri yang bisa membersihkan bakteri dan sisa kotoran pada pori, serta bisa menyeimbangkan pH wajah. Bahan alami ini bisa mengurangi kerutan wajah serta mengecilkan pori-pori. Agar mendapatkan manfaat yang maksimal, campurkan 2 sendok makan cuka apel dengan 10 sendok makan air. Kemudian, tuangkan campuran keduanya ke dalam botol spray dan gunakan campuran ini sebagai toner setelah membersihkan wajah.

                3. Madu

Madu mengandung banyak anti-oksidan dan juga mampu mengangkat sel-sel kulit mati. Madu adalah pelembap alami wajah sekaligus dapat mencerahkan kulit. Caranya yaitu kamu siapkan 1 sendok makan madu lalu oleskan pada wajah secara perlahan. Setelah selesai, diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air bersih.

                4. Kopi dan Gula

Kopi dan gula bisa digunakan sebagai scrub pada wajah agar kulit-kulit mati yang tertinggal di wajah terangkat dengan sempurna. Sel kulit mati yang tertinggal dan menyebabkan wajah menjadi kusam. Jika tidak ada sel kulit mati, maka pori-pori wajah bisa mengecil. Nah untuk caranya, yaitu campurkan 1 sendok tegh bubuk kopi dan 1 sendok teh gula lalu tambahkan sedikit air sampai berbentuk pasta. Kemudian secara perlahan-lahan gosokkan pada wajah agar sel kulit mati terangkat.

                5. Teh Hijau

Pada daun teh hijau terdapat kandungan zat anti oksidan yang mampu menangkal radikal bebas pada wajah dan mengangkat sel kulit mati. Sehingga, kulit bisa beregenerasi dengan cepat dan bisa mengangkat sel kulit mati. Caranya, yaitu rendam daun teh hijau tersebut selama 15 menit lalu oleskan air ke wajah. Jika kamu menggunakan bubuk teh hijau, campurkan air dengan 1 sendok makan bubuk teh hijau sampai berbentuk pasta. Setelah itu, oleskan capuran tersebut pada wajah sebagai masker wajah.

                6. Lemon

Dalam buah lemon terkandung asam alpha hidroksi yang dapat menangkal radikal bebas yang ada dalam kulit. Lemon juga dapat dimanfaatkan sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah. Caranya, yaitu potong buah lemon menjadi dua bagian, lalu peras. Oleskan air perasan lemon pada wajah kamu. Biarkan selama 15 menit.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *