Ceritaku.my.id

Pusat Segala Cerita

Asmaul Husna Lengkap Dengan Artinya

99 Asmaul Husna, Berikut Arti dan Manfaat Menghafalkannya

Asmaul Husna adalah nama-nama Allah Subhana wa Ta’ala yang maha indah. Kita sebagai umat Islam harus mengetahui 99 Asmaul Husna untuk memperkuat tentang Sang Kholik.

Secara umum, Asmaul Husna ini memiliki banyak keutamaan yang sangat luar biasa, salah satunya adalah agar terkabulnya doa. Allah Subhana wa Ta’ala akan mengabulkan doa yang menyebut asmaul husna, baik secara keseluruhan atau sesuai dengan konteks doanya.

Allah Azza wa Jalla berfirman :

Artinya : “Hanya milik Allah asmaul husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaul husna itu.” (QS. Al A’raf : 180).

Lalu apa saja yang termasuk asmaul husna? Berikut beberapa contoh  asmaul husna lengkap dengan artinya :

  • Al Muhaimin (Maha Pemelihara)

Al Muhaimin artinya Allah Subhana wa Ta’ala adalah maha mengawasi dan menyaksikan seluruh makhluk-Nya, berkuasa atas mereka dengan penuh perhatian dan kekuasaan, memberi rezeki dan kehidupan. Asmaul husna yang satu ini disebutkan dalam surat Al Hasyr ayat 23.

Keutamaan atau fadhilah dari dzikir dengan menyebut nama Al Muhaimin ini, Allah akan memberi memelihara dirinya, semua urusan dan rezekinya.

  • Al Aziz (Maha Perkasa)

Al Aziz artinya Allah Subhana wa Ta’ala merupakan Dzat yang Maha Perkasa, yang tidak bisa dikalahkan oleh sesuatupun, Maha Kuat dan mengalahkan segala sesuatu. Asmaul husna yang satu disebuutkan dalam surat Al Hasyr ayat 23, Ali Imron ayat 62, Al Mulk ayat 2, dan Fathir ayat 10.

Keutamaan dari membaca dzikir menggunakan nama ini adala Allah Subhana wa Ta’ala akan memberikan kekuatan, kekuasaan dan wibawa di hadapan manusia.

  • Al Jabbar (Maha Kuasa)

Al Jabbar artinya Allah Subhana wa Ta’ala maha berkuasa untuk memaksakan kehendak-Nya kepada hamba-Nya, berkuasa memerintah dan melarang sehingga semua makhluk-Nya hanya bisa mematuhi-Nya. Selain itu, AL Jabbar juga bisa diartikan kuat dan tahan sehingga tidak ada yang dapat berbuat buruk dan membahayakan-Nya. Asmaul husna yang satu ini disebutkan di dalam Al Quran dalam surat Al Hasyr ayat 23.

  • Al Mutakabbir (Maha Besar)

Al Mutakabbir artinya Allah Subhana wa Ta’ala merupakan Dzat yang memiliki kesombongan dan kebesaran. Karena kesombongan adalah pakaian Allah yang tidak boleh digunakan oleh hamba-Nya.

Selain itu, nama Al Mutakabbir ini juga bermakna kebesaran hanya milik Allah sehingga seluruh makhluk-Nya tunduk dan patuh kepada-Nya. Asmaul husna yang satu ini disebutkan di dalam Al Quran pada surat Al Hasyr ayat 23.

  • Al Kholiq (Maha Pencipta)

Al Kholiq artinya Allah Subhana wa Ta’ala Maha Pencipta. Allah-lah yang menciptakan alam semesta dan seluruh makhlukn-Nya. Baik itu malaikat, iblis, jin, manusia, hewan maupun tumbuhan, semuanya ciptaan Allah.

Asmaul husna yang satu ini disebutkan di dalam Al Q uran pada surat Al Hasyr ayat 4, Al Mukminun ayat 14, dan Fathir ayat 3.

  • Al Baari (Maha Pembuat)

Al Baari artinya Allah Subhana wa Ta’ala merupakan Dzat yang membuat sesuatu dari ketiadaan. Dia yang menciptakan serta membentuk sesuai bentuk dan ukuran yang dikehendaki-Nya.

Asmaul husna yang satu ini disebutkan Allah di dalam Surat Al Baqarah ayat 54 dan Al Hasyr ayat 24.

  • Al Mushowwir (Maha Membentuk Rupa)

Al Mushowwir artinya Allah Subhana wa Ta’ala yang menciptakan segala sesuatu dan membeda-bedakan mereka dengan bentuknya masing-masing sesuai kehendak-Nya. Asmaul husna yang satu ini disebutkan di dalam Al Quran pada surat Al Hasyr ayat 24 dan diisyaratkan dalam surat Al Infithar ayat 8 serta Ghafir ayat 64.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *