Ceritaku.my.id

Pusat Segala Cerita

Cara Mudah Membuat Studio Shooting Bagi Youtuber Pemula Dan Professional

Selain konten yang menarik, tentunya hal penting lain bagi seorang YouTuber baik pemula atau profesional adalah ruang take. Supaya hasil video buatanmu enak ditonton, produksinya cepat dan terhindar dari gangguan sekitar, maka kamu harus membuat ruangan khusus untuk produksi. Ada 2 hal penting yang harus diperhatikan berkaitan dengan hasil rekaman yaitu audio dan visualnya. 

Tentukan dulu tema apa yang dipilih, karena hal ini berkaitan dengan spesifikasi material peredam dan material interior apa yang akan digunakan nanti. Yang akan dibahas disini khusus untuk cara membuat studio shooting yang mudah bagi YouTuber pemula dan professional. Berikut dibawah ini cara mudahnya :

  1. Pastikan Ruangan Kamu Tertutup Rapat Disetiap Sisinya
  • Misalnya bentuk ruangan kamu persegi 4, berarti harus memiliki 4 sisi dinding dan plafon yang tertutup. Jangan dicampur dengan ruangan lainnya. 
  • Mengurangi akses terbuka, misalnya lubang angin dan jendela sebaiknya ditutup saja dengan dinding tembok. 
  • Jika memiliki 2  akses pintu rubah menjadi 1 saja. 
  • Memiliki dinding dan atap tebal.
  • Cara membuat studio shooting YouTube lainnya adalah menggunakan tembok plester aci dan beratap cor beton, ini cara terbaik dibandingkan hanya berpartisi dan berplafon gypsum. 
  1. Spesifikasi Ruangan Yang Berkaitan Dengan Bunyi
  • Coba perhatikan gangguan suara disekitar kamu atau justru sebaliknya bunyi yang kamu hasilkan menggangu sekitar kamu. 
  • Dari hal tadi, supaya ekonomis, silahkan memilih seberapa besar kebutuhan spesifikasi peredam suara yang dibutuhkan. 

Setelah kamu menentukan tema dan prediksi kebutuhan spesifikasi peredam suaranya. Kini saatnya untuk melihat contoh proses produksi dan cara membuat studio shooting YouTube ruang professional, seperti dibawah ini :

  • Pilih rangka panel panel peredam suara yang rapat, pilih kayu atau sejenisnya. Tidak memilih rangka yang kosong seperti hollow. 
  • Kemudian material peredam disusun dengan rapat dan padat dengan density sesuai kebutuhan ruangan yang telah dibahas tadi. 
  • Karena debu material peredam suara sangat berbahaya, pastikan kamu menutup rapat rapa panel peredamnya. Kamu bisa menutupnya dengan gypsum atau lebih baik lagi menggunakan tripleks tebal. 

Cara membuat studio shooting YouTube selanjutnya adalah :

  • Mengurangi Getar

Jika ingin hasilnya lebih baik, berikan material peredam pada semua sisinya, termasuk lantai dan plafon. Pasalnya, jika pekerjaan dilakukan pada semua sisi, maka kamu akan lebih mudah mengolah ruangan didalam ruangan itu seakan akan mengambang. 

Karena terproteksi karet karet mounting sebagai alasnya dan memberi spasi (sekali lagi memberi spasi) antara panel peredam suaranya terhadap dinding dinding, plafon, dan lantai bangunan utama. Sehingga yang bergetar kuat hanya ruangan dalamnya saja, karena tidak bersentuhan langsung dengan bangunan utamanya. 

  • Membuat Akustik Ruangan Studio YouTube

Arti akustik ruangan adalah mengolah bunyi ruangan tersebut supaya hasil suara di ruangan berkualitas baik. Cara membuatnya adalah dengan member resapan suara dengan beberapa material berbeda karena bunyi memiliki frekuensi yang beragam. 

Aplikasinya :

  • Pasang permukaan dinding dengan material yang mudah menyerap bunyi seperti busa dan lainnya dengan pori pori resapan yang berbeda beda. 
  • Kombinasinya sekitar 35 % – 20 % – 15 % untuk frekuensi low-mid-high.

Membagi atau memecahkan suara menjadi beberapa bagian kecil supaya mudah dan cepat diserap. Memberi sebagian permukaan ruangan menjadi tidak rata untuk mengecoh alur atau pola pantulan suara supaya gema ruang menjadi pendek. Jika ini dilakukan dengan benar, maka suara didalam ruangannya akan menjadi jelaas dan bersih.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *