Ceritaku.my.id

Pusat Segala Cerita

Doa Sebelum Tidur Latin

Berita Terkait dengan Doa Mau Tidur | Indozone.id

Setelah beraktivitas seharian, tentunya telah membuat tidur menjadi hal yang penting. Akan tetapi, sebelum tidur alangkah lebih baik kita membaca doa terlebih dahulu sebagaimana yang sudah dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Dengan berdoa, ada banyak sekali pahala yang dapat diperoleh salah satunya adalah terhindar dari mimpi buruk. Sehingga tidur menjadi lebih tenang dan nyaman.

Selain itu, dengan berdoa maka setiap kegiatan kita akan selalu Allah lindungi dan berjalan dengan lancar atas seizin Allah.

Bacaan Doa Sebelum Tidur Latin

Saat tidur, kesadaran manusia akan hilang. Dengan begitu, maka ia terlepas dan bebas dari setiap hukum agama. Maka dari itu, seseorang yang tidur tidak akan dikenakan sangsi dosa atau hukuman karena ia sama seperti orang yang tidak sadar.

Rasulullah SAW sangat mengerti soal ini, oleh sebab itu beliau mengajarkan kepada umatnya agar mengakhiri amalan sebelum tidur dengan perbuatan yang baik. Bila seandainya meninggal dalam tidur, maka dikaruniai husnul khatimah.

Namun jika tidur dan dapat bangun kembali, maka tidur tersebut akan dicatat sebagai amal ibadah. Adapun bacaan doa sebelum tidur latin dan artinya dalam Hadits Riwayat Bukhari Muslim, sebagai berikut:

Bismika Allahumma Ahyaa wa Bismika Amuut

Artinya: Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup, dengan nama-Mu aku mati

Sama halnya sebelum tidur, kita sangat dianjurkan membaca doa setelah bangun tidur. Adapun bacaan doa setelah bangun tidur sebagai berikut:

Alhamdulillahillazi ahyaanaa ba’da maa amaatanaa wa iliahin nusyur

Artinya: Segala puji bagi Allah yang sudah menghidupkan kami setelah Dia mematikan kami dan kepada-Nyalah kami dikembalikan

Makna Doa Sebelum Tidur

Jika kita membaca doa di atas, maka akan kita temukan setidaknya tiga makna mengenai doa tersebut. Adapun makna dari doa sebelum tidur antara lain:

  • Tidur sama dengan mati

Dalam (HR. Baihaqi, Thabrani dan Bazzar) menjelaskan bahwa Rasulullah SAW bersabda bahwa tidur itu temannya mati. Teman mati yang dimaksud di sini adalah karena ketika tidur, setiap panca indera dan kesadaran manusia tidak berfungsi.

Hanya beberapa bagian tubuh yang berfungsi saat tidur seperti denyut jantung, tarikan napas dan bagian lainnya yang menandakan seseorang masih hidup. Dalam QS. Az-Zumar ayat 43 menjelaskan mati ini terbagi menjadi dua jenis.

Jenis pertama di mana ruh atau jiwa seseorang itu tertahan, sehingga tidak bisa lagi kembali kepada tubuhnya. Dengan demikian, hal ini disebut mati.

Sementara yang kedua, di mana Allah melepaskan ruh seseorang dari genggaman-Nya sehingga ruh tersebut memungkinkan dapat kembali lagi ke tubuhnya semula. Inilah yang dinamakan dengan tidur.

  • Tadabbur sebelum tiudr

Dalam hal ini, tadabbur menjadi hal mengingat kehidupan dan kematian sebelum tidur serta mengingat kekuasaan Allah SWT. Hal ini dikarenakan ketika tidur, maka jiwa kita sedang dimatikan oleh Allah untuk sementara waktu.

Oleh sebab itu, mengapa sangat dianjurkan untuk membaca doa sebelum tidur. Dalam islam, tidur merupakan bentuk kematian yang Allah ajarkan kepada manusia di dunia agar dijadikan sebagai pelajaran berharga di akhirat nanti.

  • Pasrah kepada Allah SWT

Doa sebelum tidur juga mengandung perasaan pasrah kepada Allah SWT, yakni sang pemilik kehidupan dan kematian. Seseorang yang tidur tidak akan mampu menguasai dirinya sendiri.

Bahkan kita juga tidak akan mengetahui apakah bisa melihat hari esok atau tidak. Tidak hanya itu, do aini juga untuk memohon perlindungan kepada Allah.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *