Ceritaku.my.id

Pusat Segala Cerita

Fakta-Fakta Hujan dan Doa Saat Hujan Turun

Jangan lupa membaca doa ketika hujan turun | Hujan, Doa, Kutipan sahabat

Berita viral terkini, hujan merupakan berkah bagi makhluk hidup yang ada di bumi baik itu yang berada di atas tanah maupun yang berada di dalam tanah. Dengan hujan dapat membantu banyak kehidupan makhluk hidup yang ada di bumi seperti tumbuhnya pepohonan, biji-bijian, tanah menjadi gembur dan masih banyak lagi. Namun, tahukah kamu fakta-fakta mengenai hujan yang turun dari bumi? Dan tahukan kamu doa ketika hujan turun? Berikut ulasannya.

1. Dalam satu detik, kira-kira 16 juta ton air yang menguap dari bumi

2. kecepatan air hujan yang turun dari langit ke bumi rata-rata memiliki kecepatan sebesar 8–10 km/jam. Untuk kecepatan maksimalnya mencapai 22 mil per jam atau sekitar 35 km/jam. Kecepatan turunnya air hujan ini dipengaruhi oleh kecepatan angin dan juga kondisi cuaca suatu daerah. Sangat cepat bukan?

3. Air hujan pada saat berada di langit masih dalam bentuk es atau kristal. Namun, setelah turun ke Bumi berubah bentuk menjadi titik-titik air. Hal ini akan terjadi jika suhu udara di Bumi tinggi, maka es atau salju yang terbentuk mencair menjadi air. Tapi jika suhu udara di Bumi sangat rendah, maka akan tetap turun dalam wujud salju yang berbentuk kristal. Itulah mengapa kadang terjadi hujan es di beberapa daerah di Indonesia.

4. Setiap kali habis turun hujan ada aroma khas setelah hujan yang kita hirup. Aroma yang anda hirup itu sebenarnya merupakan aroma senyawa yang disebut petrichor yang dikeluarkan oleh tanah dan rerumputan setelah bertemu dengan air.

5. Diameter setiap tetesan air hujan memiliki variasi ukuran antara 0,02–0,031 inci. Dalam setiap detik terdapat kurang lebih 16 juta ton air yang menguap dari permukaan Bumi untuk bahan hujan. Jumlah tersebut akan turun lagi ke Bumi dalam bentuk air hujan setiap detiknya dengan volume yang sama. 

Dalam satu tahun, diperkirakan jumlah ini akan mencapai 505×1012 ton. Air terus berputar dalam daur yang seimbang. Proses ini menujukan bagaimana alam melakukan keseimbangan. Sangat keren bukan!

Dalam fenomena alam yang biasa kita temui seperti hujan pun banyak memiliki fakta-fakta menarik dan juga ketika hujan pun doa-doa hamba Allah yang berdoa ketika hujan pun akan dikabulkan. Agar hujan yang turun menjadi berkah bagi makhluk hidup di bumi maka, jangan lupa untuk berdoa ketika hujan turun.

Dalam riwayat hadits Bukhori nomor 1032 dari Ummul Mukminin Aisyah radhiyallahu ‘anha mengatakan:

اللَّهُمَّ صَيِّباً نَافِعاً

 ‘Allahumma shoyyiban nafi’an’.

Artinya : Ya Allah, turunkan lah pada kami hujan yang bermanfaat

Dan adapun ketika hujan reda membaca doa

مُطِرْنَا بِفَضْلِ اللهِ وَرَحْمَتِهِ

Muthirnaa bifadllillaahi wa rohmatihi

Artinya:”Kita diberi hujan karena keutamaan dan rahmat-Nya.”

Adapun doa ketika mendengar petir dalam kitab al-Muwaththa’ malalui sanad yang shahih disebutkan, ketika mendengar petir Rasulullah menghentikan pembicaraan lalu melafalkan:

سُبْحَانَ الَّذِيْ يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمِدِهِ وَالْمَلاَئِكَةُ مِنْ خِيْفَتِهِ

Subhanalladzi yusabbihur ro’du bi hamdihi wal mala-ikatu min khiifatih

Artinya: “Maha Suci Allah SWT yang petir dan malaikat bertasbih memuji Allah SWT karena rasa takut kepada-Nya”

Berikut merupakan fakta-fakta menarik mengenai hujan dan doa-doa yang bisa dipanjatkan ketika hujan turun juga ketika mendengar petir.mari kita biasakan untuk membaca doa ketika hujan turun, hujan berhenti dan ketika mendengar petir. Karena hujan selalu membawa berkah.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *