Ceritaku.my.id

Pusat Segala Cerita

Membuat Kartu Ucapan Menyambut Ramadhan dengan Word

Jual KARTU UCAPAN / GREETING CARD CUSTOM MURAH MERIAH - UCAPAN 1 di Seller  Winshopdesign - Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta | Blibli
blibli.com

Membuat ucapan menyambut Ramadhan dengan kartu digital sudah kerap digunakan. Sejumlah aplikasi online berbayar maupun gratis dapat Anda temukan di internet, berikut ini cara sederhana membuat kartu digital dengan Ms. Word.

  1. Buka Dokumen Kosong

Sebelum membuat kartu ucapan menyambut Ramadhan, Anda sudah mempunyai gambaran besar atau kecilnya kertas yang akan digunakan. Ukuran kertas untuk kartu ucapan yang tersedia di Microsoft Word dari A0 hingga A10, setelah itu buka dokumen baru, Anda bisa mulai dengan menambahkan foto, teks dengan word art atau 3D.

  1. Atur Tata Letak

Langkah selanjutnya setelah memasukkan foto dan tulisan kartu ucapan, lalu mengatur orientasi dan tata letak. Anda bisa mengklik “Size” di menu “Page Layout” untuk memilih ukuran standard dari dropdown.

Jika menginginkan gambar menutupi kertas, bisa dengan menggunakan ukuran khusus di “Paper Size”. Kemudian atur tab margin untuk mengurangi ukuran margin.

  1. Seimbangkan Garis Kisi

Supaya antar teks dengan grafik selaras, maka perlu mengaktifkan “Gridlines and Alignment”. Cara ini membantu menyesuaikan gambar pada kartu agar presisi, namun tidak perlu khawatir karena garis kisi yang muncul tidak akan ikut tercetak.

  1. Membagi Halaman Lipatan

Lipatan di tengah kartu ucapan menyambut Ramadhan dapat dilakukan berbagai cara di Ms. Word. Salah satu cara dengan mengklik Insert, lalu pilih Shapes kemudian Line, tekan tombol Shift dan garis vertikal di tengah halaman, supaya tetap di tengah pilih ikon Layout Options.

  1. Grafik dan Desain

Grafik dan desain yang dipilih pastikan merupakan koleksi foto di komputer Anda, agar untuk mempermudah mempersonalisasi kartu ucapan. Semua gambar dapat diatur letaknya, di posisi depan maupun belakang kartu.

  1. Pilih Font

Pastikan memilih jenis huruf yang menarik dan indah. Sesuaikan dengan gambar yang dipilih dan suasana serta warna yang cocok dengan latar belakang kartu.

Setelah yakin tidak ada lagi yang perlu dikoreksi Anda dapat mencetaknya, lalu mengirimkannya kepada orang-orang yang dikehendaki. Karya unik ini dapat memberikan kesan tersendiri untuk yang menerima.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *