Ceritaku.my.id

Pusat Segala Cerita

Penyebab Mata Panda

Ini Dia Penyebab Mata Panda dan Cara Menghilangkannya!

Mata panda merupakan salah satu permasalahan pada wajah yang sering kali ditemukan pada kebanyakan orang. Umumnya mata panda atau lingkaran hitam ini disebabkan karena kondisi kurang tidur.

Tapi, sebenarnya mata panda bisa disebabkan karena banyak hal, seperti dehidrasi, penuaan, dan salah satu ciri seseorang menderita penyakit tertentu.  Mata panda sendiri bisa dialami siapa saja, bayi perempuan maupun lelaki.

Mata panda merupakan kondisi kantung mata yang berwarna lebih gelap dibandingkan warna kulit wajah. Tentunya kondisi tersebut membuat penampilan menjadi kurang menarik, dan membuat orang tersebut menjadi terlihat lebih tua.

Nah, biar kamu terhindar dari mata panda. Kamu harus tau hal-hal apa saja penyebab mata panda.

Silahkan simak ulasan dibawah ini tentang penyebab mata panda!

  • Kurang Tidur

Penyebab mata panda yang paling umum terjadi pada kebanyakan orang yaitu kurang tidur. Kamu yang sering begadang ataupun tidur terlalu malam maka pada area sekitar matanya akan menjadi lebih hitam.

Kurang tidur menyebabkan darah menumpuk pada bagian bawah mata, hal ini dikarena kulit pada bagian bawah mata sangat tipis sehingga membuatnya terlihat menghitam.

Kurang tidur bukan hanya menyebabkan mata panda saja. Akibat terlalu sering kurang tidur mata akan terlihat bengkak dan wajah menjadi lebih kusam.

  • Faktor Usia

Penyebab mata panda berikutnya yang tidak bisa dihindari yaitu faktor usia. Semakin bertambahnya usia kulit wajah menjadi tipis, dan membuat elastisitas kulit perlahan-lahan hilang.

Hal inilah yang menyebabkan pembuluh darah pada bagian bawah mata semakin terlihat jelas yang menyebabkan mata panda terlihat sangat jelas.

Untuk menghindari hal ini kamu bisa menggunakan produk skincare yang dapat melembabkan kulit kamu sekaligus anti aging. Agar kulit wajah kamu terlihat menjadi lebih muda.

  • Aktivitas Melihat Layar Secara Berlebihan

Para pekerja kantor pasti tidak bisa menghindari beraktifitas di depan layar komputer maupun ponsel secara berlebihan. Hal ini dikarenakan seluruh pekerjaan semaunya ada di komputer maupun ponsel.

Sayangnya, aktifitas ini menjadi salah satu penyebab mata panda pada wajah. Kebiasan tersebut membuat ketegangan pada mata, sehingga pembuluh daripada sakit mata menjadi besar, sehingga memunculkan mata panda pada wajah.

  • Genetik

Penyebab mata panda lainnya yaitu faktor genetik. Mata panda bisa diturunkan dari keluarga yaitu dari orang tua ke anaknya.

Orang yang memiliki kulit berwarna gelap memiliki resiko lebih tinggi memiliki mata panda.

  • Dehidrasi

Penyebab mata panda yang sering dialami kebanyakan orang yaitu Dehidrasi. Dehidrasi merupakan kondisi tubuh yang kekurangan cairan.

Akibatnya kulit pada bagian bawah mata akan terlihat cekung dan kusam. Sehingga mata panda akan muncul pada area wajah.

Untuk menghindari hal ini kamu harus sering mengkonsumsi air putih dalam satu harinya.

  • Merokok dan Minum Alkohol

Memiliki kebiasan merokok dan minum alkohol juga menjadi penyebab utama kamu memiliki mata panda. Efek dari mengkonsumsi alkohol dan merokok secara berlebihan akan membuat aliran darah di kulit wajah menjadi tidak lancar, akibatnya pada area mata akan lebih gelap dan terlihat seperti mata panda.

Efek buruk lainnya dari merokok dan minum alkohol adalah dapat merusak kolagen pada kulit, dimana kulit akan menjadi kendur, dan terlihat lebih kusam.

  • Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar matahari juga merupakan salah satu penyebab mata panda yang tidak bisa  dihindari. Untuk mengatasi ini kamu bisa menggunakan sunscreen ketika keluar rumah.

Papara sinar matahari dapat memicu produksi pigmen lebih banyak sehingga membuat kulit menjadi tampak lebih gelap.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *